×

Dokumentasi


H
Hartini
dikirimkan 46 hari yang lalu (2020-04-14 09:19:27)

Ini travel bpw saya cv. Achiera Indonesia, gak ada pemasukan sama sekali sejak covid19, gimana dengan bantuan dari pemerintah? Tolonglah kami harus berbuat apa saat ini. Saya sudah email tapi ga ada balasan sama sekali. Tolong bantuannya dari pemerintah segera. Makasih

AH
Deddy
dikirimkan 46 hari yang lalu (2020-04-14 11:07:30)

Halo Hartini. Terima kasih telah menghubungi Kemenparekraf/Baparekraf


Kemenparekraf telah menyiapkan tiga tahapan untuk merespon dampak COVID-19 yaitu tanggap darurat, pemulihan (recovery), dan normalisasi.

Di tahap tanggap darurat, kami memberikan support kepada tenaga kesehatan untuk menyiapkan akomodasi, makanan, hingga transportasi. Karena tenaga kesehatan saat ini menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus COVID-19 agar tidak meluas. Untuk itu kita perlu support yang luar biasa juga dari berbagai pihak. Selain berkoordinasi dengan K/L dan berbagai pihak terkait dalam mengambil langkah-langkah untuk mendukung industri atau pelaku pariwisata Indonesia.

Pada tahap kedua yaitu pemulihan, pihaknya akan melakukan identifikasi dan berkoordinasi dengan K/L lain untuk mengindentifikasi dampak secara detail akibat wabah COVID-19. Selanjutnya memberi dukungan kepada para pelaku parekraf dari sisi ketenagakerjaan, utilitas, keringanan retribusi, relaksasi pinjaman, pemanfaatan kartu pra kerja, hingga pelatihan online untuk SDM.

Terakhir adalah tahap normalisasi yakni melakukan promosi kembali baik di dalam maupun luar negeri, hingga menyiapkan insentif untuk industri pariwisata sekaligus pelaku ekonomi kreatif. Kemenparekraf juga akan kembali menyusun keterlibatan dalam agenda-agenda internasional dan kalender event nasional untuk menunjang kegiatan wisata. Selanjutnya, kembali membenahi destinasi khususnya dari sisi keamanan dan keselamatan, sumber daya manusia, serta daya tarik setiap destinasi.


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga mendata sebanyak 189.586 tenaga kerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dari 34 provinsi yang terdampak wabah pandemi COVID-19 untuk menerima bantuan melalui program kartu pra kerja yang dibuka pendaftarannya pada Sabtu (11/4/2020). Di samping itu, masyarakat dan para pelaku parekraf diimbau untuk mendaftar secara mandiri melalui platform www.prakerja.go.id. https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/siaran-pers-189-000-pekerja-sektor-parekraf-terdata-diusulkan-sebagai-penerima-kartu-pra-kerja/


Status:

Close

Dikirimkan sejak: 46 hari yang lalu pada 2020-04-14 09:19:27

Pengirim: Hartini